Pelaksanaan Benchmarking Oleh Program Studi Psikologi Fakultas iImu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Rabu, 06 Juli 2022 22:28 WIB   Fakultas Psikologi

Telah terlaksana kegiatan benchmarking yang dilakukan oleh Program Studi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada hari Selasa; 5 Juli 2022 pada pukul 13:00 WIB. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Program Studi Fakultas Psikologi UMM, Ibu Sofa Amalia; S.Psi, M.Si yang diadakan secara luring di Hall lantai 4 GKB IV UMM dengan dihadiri 16 partisipan dari pihak UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pelaksanaan benchmarking ini bertujuan untuk langkah awal dalam membentuk perencanaan kerja sama (MoU) terkait akademik yang dimiliki antara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan UMM. Pembahasan ini mencakup seputaran perencanaan studi yang dilakukan dari kedua belah pihak. Diawali oleh UMM dengan menjelaskan perencanaan studi dimana syarat pengajuan skripsi yang harus menempuh 128 sks. Dilanjut dengan pembahasan mengenai mata kuliah umum dan dasar sampai intervensi. Adapun kegiatan MBKM yang sudah dilaksanakan dari pihak UMM yakni, Kampus Mengajar, Internasional Credit Transfer (ICT), Koferensi Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI), Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) sampai IISMA.

Adapun tantangan yang dirasakan dari pihak UMM adalah pada bagian kurikulum yang sedang berjalan belum dapat mengakomodasi dengan optimal pelaksanaan MBKM (Konversi 20 SKS), adanya kompetensi mahasiswa terkait muatan psikologi berkurang; penyelesaian studi yang tidak tepat waktu, dll. Dari pihak UIN, menjelaskan bahwa mereka memiliki program student exchange di dalam universitas.

Sharing session berlangsung secara aktif dan antar kedua belah pihak saling bertukar informasi mengenai proses akademik mulai dari perkuliahan sehari-hari, sistem praktikum yang diterapkan pada laboratorium, hingga pada sistem pengelolaan jurnal dan publikasinya, dan pada akhir sesi branchmarking terdapat penyerahan cendera mata dari pihak UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kepada Fapsi UMM, begitu sebaliknya Fapsi juga memberikan cendera mata kepada pihak UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan ada penandatanganan berita acara yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, adanya kegiatan branchmarking ini dapat menjadi batu loncatan untuk membuka pintu adanya kerja sama khususnya dalam lingkup akademik kedua belah pihak, antara Fapsi UMM dengan prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Shared: