Profil Lulusan

Secara umum, profil dan keterampilan dari lulusan Fakultas Psikologi UMM adalah sebagai berikut:

Melakukan asesmen permasalahan di perusahaan/ industri, menganalisis hasil dari asesmen, dan memformulasikan program untuk mengurangi permasalahan sumber daya manusia. Selain itu, mengimplementasikan program pengembangan sumber daya yang melibatkan berbagai macam baik pihak eksternal ataupun internal. Dalam pelaksanaan program pengembangan juga melakukan control, evaluasi, dan perubahan jika diperlukan

-

-

-

-

-

-

Melakukan asesmen dalam setting pendidikan; merancang intervensi untuk mengantisipasi, mengurangi, dan menyelesaikan permasalahan yang muncul melalui kolaborasi pihak-pihak terkait. Tujuan intervensi adalah memberikan stimultasi yang sesuai dengan usia perkembangan anak dan tidak hanya meningkatkan pencapaian akademik tetapi juga kesejahteraan psikologis anak.

Melakukan asesmen psikologis terhadap permasalahan individu/ kelompok, merancang Teknik konseling yang tepat, dan mampu melakukan konseling untuk membantu individu dan kelompok menyelesaikan permasalahan psikologis yang dialami.

Melakukan asesmen komunitas, merancang program pengembangan komunitas, dan menjadi fasilitator dalam pelaksanaan program. Lulusan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam kelompok dan masyarakat, keterampilan untuk mengelola dinamika kelompok dan komunitas serta melakukan langkah-langkah penyelesaian masalah bersama-sama dengn komunitas. Lulusan diharapkan dapat berkolaborasi dengan disiplin ilmu lain untuk mengembangkan komunitas.

Mampu melakukan tes psikologis non-proyektif dan teknik asesmen lainnya seperti wawancara dan observasi, melakukan penilaian alat tes psikologis, dan menuliskan laporan wawancara dan observasi.

 

 

Shared: