Mahasiswa Psikologi UMM Borong 3 Juara Sekaligus Pada PKM Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah Se-Indonesia 2024

Kamis, 25 Juli 2024 07:18 WIB   Fakultas Psikologi

Sabtu (20/7) Mahasiswa Fakultas Psikologi UMM menyambat 3 juara sekaligus dalam kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah Se-Indonesia. Kompetisi ini tentu saja menjadi wadah ransangan para mahasiswa untuk menampilkan ide dan kreativitas berpikir mereka. Kejuaraan yang berhasil dimenangkan oleh mahasiswa Fakultas Psikologi UMM diantaranya ialah, Juara 1 bidang PKM Riset Sosial dan Humaniora (PKM-RSH) Kelas RSH 4 yang membahas mengenai Pengaruh Guided Imagery Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus, Juara 3 PKM Riset Sosial dan Humaniora (PKM-RSH) Kelas RSH 4, dan Juara Harapan Riset Sosial dan Humaniora (PKM-RSH) yang membahas tentang Frugal Living sebagai Gerakan Anti-Konsumerisime pada GenZ. 

“Tantangan dalam proses pelaksanaan PKM ini tentu saja ada,yaitu meluangkan waktu diskusi tim karena setiap anggota kelompok memiliki kesibukannya masing-masing, seperti adanya kepentingan organisasi perkuliahan, pelaksanaan magang, dan tugas praktikum perkuliahan yang menumpuk. Tak hanya itu, tantangan internal dalam pelaksanaan PKM yaitu demotivasi dalam proses pengerjaan PKM yang sangatlah panjang. Akan tetapi, hal tersebut dapat diatasi dengan kerjasama internal tim yang mampu meningkatkan motivasi para rekan anggota yang lainnya. Ada juga tantangan eksternal dalam proses pelaksanaan PKM ini yaitu proses koordinasi dengan beberapa Sekolah Luar Biasa (SLB) di Malang sebagai fasilitator yang mampu membantu dalam mempersuasi kepada orang tua anak berkebutuhan khusus yang bersedia untuk menjadi partisipan dalam proses kegiatan riset.” Tanggapan M. Indra Astrawan selaku Mahasiswa peraih Juara 1 PKM-RSH.

Prestasi yang berhasil di raih oleh Para Mahasiswa Psikologi ini tentu saja menjadi suatu pencapaian yang gemilang bagi Fakultas Psikologi maupun Universitas Muhammadiyah Malang. Teruslah untuk berjuang, berusaha, dan bermanfaat untuk orang lain. Ingatlah bahwa setiap langkah positif yang kita ambil hari ini akan menjadi investasi untuk masa depan kita sendiri. Percayalah kepada diri sendiri karena seluruh perjuangan yang telah kita lakukan akan berbuahkan hasil. Yuk terus berkembang! Kalau bukan kita, siapa lagi?

Penghargaan setinggi-tingginya kami berikan kepada:

Juara 1 PKM-RSH:
1. Rifan Alamsyah – Mahasiswa Psikologi 2021

2. M. Indra Astrawan – Mahasiswa Psikologi 2021

3. Sheva Pradana - Mahasiswa Psikologi 2021

4. ⁠⁠Yoka Abe Agege - Mahasiswa Psikologi 2021

5. ⁠Muhammad Elang Rizky Ramadhan - Mahasiswa Psikologi 2021

 

Juara 3 PKM-RSH:

1. Syarifah Putri Auliah S. – Mahasiswa Psikologi 2022

 

Juara Harapan PKM-RSH:

1. Alyaa Nuur'Izzati Zahra – Mahasiswa Psikologi 2021

2. Nasywa Salsabilah – Mahasiswa Psikologi 2021

Shared: