Visiting Hospital Penawar, Johor Bahru, Malaysia oleh Fakultas Psikologi UMM

Minggu, 22 Oktober 2023 20:43 WIB   Fakultas Psikologi

 

Fakultas Psikologi UMM mendapat undangan dari Hospital Penawar, Johor Bahru, Malaysia untuk mempelajari pendekatan holistik dalam penanganan anak berkebutuhan khusus di Malaysia. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Psikologi UMM, M. Salis Yuniardi, M.Psi., Ph.D.,  Anggota LPT-PIBK, Susanti Prasetyaningrum, M.Psi. dan Sekretaris Prodi Psikologi Bidang Kerjasama, Ratih Eka Pertiwi, M.Psi. Dalam kunjungan tersebut, tim dosen mempelajari prosedur pemeriksaan EEG bagi individu berkebutuhan khusus di Minds Lab. Dilanjutkan dengan melakukan observasi di PSLC (Penawar Special Learning Center) tempat asesmen dan terapi untuk anak-anak berkebutuhan khusus (21/10).

Selain itu, tim juga belajar tentang skrining tumbuh kembang dan prosedur penegakan diagnosis serta penatalaksanaan pasien anak apabila ada pasien yang memerlukan terapi tertentu. Tim juga berkesempatan mendatangi sekolah inklusi dalam hal penanganan anak dengan gangguan neurodevelopmental. Selanjutnya Tim Fapsi diajak mendatangi Johor Autism Summit 2023, sebuah event upaya raising awareness dan upgrading skill dalam bidang penanganan IBK. Tim kembali belajar di Hospital Penawar untuk mempelajari farmakoterapi, Teknik hippotherapy, yaitu terapi menggunakan media kuda bagi IBK.

Tim juga melihat bagaimana penerapan prosedur pasien IBK baru, bentuk pemeriksaan fisik setelah screening dilakukan. Tim melakukan observasi dan belajar dari neuropsychiatrist tentang bagaimana kolaborasi terapi yang diberikan oleh neuropsychiatrist, psychologist, dan terapis dapat dilakukan dalam kaitannya dengan penanganan IBK. Dengan kunjungan ini Fapsi UMM berharap akan ada kemajuan baik dari segi ilmu pengetahuan maupun layanan terhadap masyarakat yg bisa Fapsi UMM berikan.

Shared: