Turut Berkontribusi di Hari disabilitas internasional, LPT PIBK Psikologi UMM Lakukan Pengabdian dalam Bentuk Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus

Sabtu, 04 Desember 2021 02:56 WIB   Fakultas Psikologi

 

Hari Disabilitas Internasional atau International Day of Persons with Disabilities diperingati setiap tanggal 3 Desember. peringatan tersebut ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1992. Peringatan hari disabilitas  bertujuan untuk memberikan dukungan, perhatian, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Dalam rangka menyambut hari disabilitas internasional, Laboratorium Psikologi Terapan (LPT PIBK)Psikologi UMM menyelenggarakan kegiatan pengabdian asesmen anak berkebutuhan khusus (ABK)dibeberapa sekolah yang terletak di Malang dan Batu. LPT PIBK merupakan Lembaga Psikologi Terapan Universitas Muhammadiyah Malang yang memberikan informasi seputar individu berkebutuhan khusus, pendampingan sekolah inklusi dan penanganan anak anak berkebutuhan khusus. LPT PIBK memiliki beberapa agenda pelayanan dalam  bidang psikologi seperti mengadakan webinar secara rutin, workshop dan seminar nasional yang mendatangkan narasumber dengan latar belakang dan pengalaman yang luar biasa dalam penanganan ABK.

Putri Saraswati, M.Psi., Psikolog menerangkan pada kesempatan kali ini bentuk pelayanan istimewa dipersembahkan LPT PIBK untuk menyambut hari disabilitas internasional adalah melaksanakan asesmen secara gratis selama bulan November untuk menggali potensi anak anak berkebutuhan khusus. “LPT PIBK percaya bahwa setiap manusia yang lahir di dunia memiliki potensi yang berbeda dan luar biasa begitu pula anak berkebutuhan khusus sehingga diperlukan penggalian informasi  untuk mengenali kebutuhan, kekuatan dan potensi yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus dengan cara asesmen”, terangnya. Asesmen yang diselenggarakan oleh LPT PIBK Psikologi UMM menggandeng mahasiswa Magister Profesi Psikologi UMM yang memiliki konsentrasi dibidang layanan praktik klinis. Tedapat tujuh sekolah yang siswa dan siswinya diasesmen secara gratis, yaitu SDN Songgokerto 2, SDN Ngaglik 4, SDN Oro-Oro Ombo 2, SMA Muhammadiyah 1 Malang, SDN 1 Junrejo, SDN Giripurno 2 dan SDN Muhammadiyah Batu. (fth)

Shared: