Seminar Kewirausahaan oleh Badan Eksekutif Fakultas Psikologi

Senin, 18 Maret 2019 12:49 WIB   Fakultas Psikologi

Belajar Berwirausaha dari Alumni

Bertepatan pada hari Sabtu, 16 Maret 2019 di Aula Majdid lantai 1, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas pasikologi mengadakan seminar kewirausahaan dengan tajuk “Entrepreneur Reach A Better Future”.

Datang sebagai pemateri Alfian Syahrianie S. Psi yaitu alumni psikologi angkatan 2012, yang sukses dibidang Bussines Owner @weddingrings.id dan Region Member of Greenpeace Indonesia. Satu pebicara lagi yang juga alumni psikologi angkatan 1995, Shufie Andraini S. Psi yang sukses dalam Entrepreneur dan General Manager – Tapperware dan Event Organizer of PPA Private Training.

Acara ini dibuka dengan sambutan-sambutan dari ketua pelaksana, ketua BEMFA dan juga Wakil Dekan III. Dalam sambutannya ketua pelaksana menyampaikan maksud dan tujuannya “mengutip dari perkataan pak presiden Jokowi Dodo yang mengatakan bahwa negara maju itu memiliki banyak pengusaha-pengusaha dan lapangan kerja yang memadahi, maka dari itu saya harap dengan adanya seminar ini yang sudah memiliki usaha tambah semangat dalam bisnisnya dan yang belum bisa mencoba terjun dalam perbisnisan”.  Dari masalah yang dirasakan BEMFA sengaja mengadakan seminar kewirausahaan agar dapat meminimalisir dan membantu dalam dunia perbisnisan di Indonesia.

Pembicara yang pertama pada seminar ini adalah ibu Shufie Andraini S. Psi, beliau diawal pembicaraanya berbagi pengalaman bagaimana beliau mulai terjun kedunia bisnis pada saat itu beliau masih bersetatus mahasiswa, jadi tepat sekali apa yang disampaikan beliau menambah motivasi mahasiswa psikologi yang hadir pada seminar hari ini. Menurut bu Shufie “menjadi pembisnis atau penjual tidak boleh malu, harus kreatif dan jangan pantang menyerah”. Beliau juga menyampaikan nasehat bagi mahasiswa psikologi menurut pengalaman yang pernah dialaminya “Kita berhasil bukan karena diri kita hebat, tapi karena Allah sayang sama kita”.

Tidak jauh beda dengan bu Shufie pembicara kedua juga menceritakan pengalamannya dalam memulai bisnis, yang membedakan adalah metode pengembangan bisnisnya. Pak Alfian Syahrianie S. Psi menekankan pada era moderen yang dimana online market sudah banyak kita jumpai dan kita gunakan contohnya seperti buka lapak, lazada, shope dan lain-lain. Menurut beliau memanfaatkan online market yang sudah tersedia dapat memudakhan bagi pemula yang dimana masih mengalami kesulitan untuk masalah permodalan. Beliau juga membagikan tips and trik untuk berbisnis secara online.Dari semua ilmu yang disampaikan kedua pemateri meluangkan waktu untuk workshop dengan mahasiswa yang benar-benar ingin memulai berbisnis.

Setelah diadakanya serangkaian acara ini harapan bagi mahasiswa psikologi tidak hanya memiliki pandangan tentang profesi-profesi psikologi yang resmi seperti konselor, psikeater, BK dan HRD yang dimana peluang untuk itu sudah menyempit dan persaingan dengan universitas lainpun semakin kuat. Dengan diadakannya seminar ini bisa membuka pandangan mahasiswa psikologi terhadap dunia kerja yang berfariatif, dan membuat mereka percayadiri bahwa seorang lulusan psikologi dapat sukses dalam bidang kewirausahaan (SiSiL

Shared: