Perwakilan Fakultas Psikologi Menjadi Best Delegation Asia Young Sociopreneurship Leadership Exchange

Selasa, 20 Maret 2018 10:51 WIB   Fakultas Psikologi

Asia Young Sociopreneurship Leadership Exchangemerupakan agenda yang dilaksanakan di bawah naungan Youcan (Youth Center to Act For Nation) yang merupakan non-governmental organization(NGO). Agenda ini dilaksanakan di berbagai negara yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun 2018, agenda Asia Young Sociopreneurship Leadership Exchange dilaksanakan di Bangkok, Thailand pada tanggal 7 Maret – 11 Maret 2018. Kegiatan ini terbuka bagi seluruh mahasiswa yang berada di wilayah asia. Kegiatan ini dimulai dengan pendaftaran dan seleksi yang mengharuskan setiap peserta menuliskan ide business plan yang tidak hanya dapat menghasilkan profit, melainkan dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan. Setelah itu, peserta yang lolos dikonfirmasi melalui email masing – masing oleh pihak Youcan dan diberikan alur penyelesaian administrasi dan catatan yang harus dipersiapkan sebelum pemberangkatan ke Thailand. Dalam kegiatan ini, terdapat satu orang perwakilan yang berasal dari Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, dia adalah Emha Nelwan Lawani atau kerap disapa Nelwan. Nelwan mengikuti serangkaian proses pendaftaran dan seleksi yang telah dijabarkan tadi dan berhasil menjadi salah satu peserta pada Asia Young Sociopreneurship Leadership Exchange di Bangkok.

Seperti kebanyakan kegiatan exchange atau conference di luar negeri lainnya, program ini bersifat self funded atau adanya biaya tertentu yang dipergunakan untuk keperluan kegiatan selama di sana. Oleh karena itu, Nelwan sebagai perwakilan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang mencoba mencari dukungan dana, baik dari fakultas maupun universitas. Pada tingkat universitas, Nelwan berhasil mendapatkan dukungan dana untuk keberangkatan di Thailand sehingga ia dapat berangkat sebagai perwakilan universitas. Sebelum pemberangkatan, panitia sebelumnya telah membagi kelompok guna memperebutkan kesempatan untuk menjadi delegasi yang beruntung untuk mempresentasikan business plan yang telah dibuat. Selain itu, mereka diberi kesempatan untuk menambah inovasi dari business plan yang sebelumnya telah dibuat secara individu pada saat seleksi awal. Setiap tim terdiri dari berbagai institusi yang berbeda. Dari sekian business plan yang diseleksi, terpilih 5 kelompok yang mendapatkan kesempatan untuk memenangkan kategori Best Business Plan. Tak hanya itu, pada kegiatan ini, ada 3 kategori lain yang diperebutkan oleh peserta, yaitu Best Team, Best Presentation, danBest Delegates.

Berbagai kategori tersebut memiliki standar penilaian masing- masing yang telah ditentukan oleh panitia, serta pembicara yang sekaligus menjadi salah satu juri, yakni Prof. Dr. Guntalee Ruenrom dari Chulalongkorn University, Thailand. Tanpa diduga, delegasi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang atas nama Nelwan berhasil menjadiBest Delegates atau delegasi terbaik yang dinilai dari akumulasi nilaibusiness plan, argumentasi dan pemaparan pada saat conference, serta keaktifan dalam kegiatan. Nelwan mengungkapkan bahwa pencapaiannya sebagai delegasi terbaik tak luput dari dukungan berbagai pihak sehingga ia berterima kasih atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan berbagai pihak. Selain itu, ia berpesan agar mahasiswa, terutama mahasiswa psikologi agar tidak hanya fokus pada akademik di kampus, melainkan terus mengeksplorasi diri dengan berbagai kegiatan berskala nasional maupun internasional.

Shared: