Perspektif Indonesia dan Malaysia mengenai Isu Parenting menjadi Topik Utama dalam Regional Conference on The Recent Issue in Psychology

Minggu, 06 November 2022 20:56 WIB

Sabtu pagi, tanggal 5 November 2022 diadakannya Regional Conference on the Recent Issue in Psychology yang dihadiri oleh Universiti Sains Malaysia dan Universitas Muhammadiyah Malang. Setelah serangkaian acara dilakukan, maka diadakannya sharing session, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang kelas Internasional.

Materi pertama oleh Assoc. Prof. Dr. Nur Shafrin Ahmad dengan tema Crisis: Opportunity or Threat Tema ini membahas mengenai krisis dan disambungkan dengan contoh yang relate dengan kehidupan kita dan fenomena yang dekat dengan kita. Dalam materi ini juga disampaikannya tentang pembelajaran atas krisis yang kita alami, seperti meyakini bahwa semua pasti memiliki hikmah dan kita harus bisa survive atas segala permasalahan yang sedang dialami.

Pemaparan materi kedua oleh Dr. Nur Azmina Binti Paslan dengan tema Family Counseling Approach & Aplication. Tema ini membahas mengenai tantangan dalam keluarga seperti komunikasi, manajemen rumah tangga, keuangan, stres, hubungan kedekatan dan perceraian. Metode yang bisa digunakan untuk mengatasi tantangan tersebut salah satunya adalah dengan interview, penilaian formal dan bermain peran.

 Selanjutnya paparan materi ketiga oleh Assoc. Prof. Dr. Azidah Abu Ziden dengan tema Embarking to Microcredential: Coping with Technology Changes. Tema ini membahas mengenai cara memanfaatkan mikrodensi dalam era perubahan teknologi. Mikrodensi menjadi jalan baru untuk belajar dikarenakan inovasi teknologi menjadi hambatan yang umum, adanya komunikasi yang efisien dan pelatihan internal, serta mengetahui keuntungan dari teknologi yang baru sehingga dapat di gunakan dan di aplikasikan di sebuah institusi.

Selain materi yang disampaikan oleh perwakilan dari Universiti Sains Malaysia, Dosen Fakultas Psikologi juga memaparkan materi yang tentunya juga tidak kalah menarik, yaitu  oleh Ni’matuzahroh, S.Psi., M.Si., Ph.D. dengan tema The Effect of Trait Mindfullness, Self-Compassion, Coping Strategies and Parenting Stress on The Quality of Life of Parent with Autistic Children. Tema ini membahas mengenai bagaimana cara yang cocok untuk orang tua anak autis menghadapi kondisi dan menerima keadaan anaknya. Stres yang dialami oleh orang tua yang memiliki anak autis biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan orang tua yang memiliki anak normal.

Pemaparan materi terakhir disampaikan oleh Assoc. Prof. Dr. Aziah Ismail dengan tema Strategies in Developing Workplace Wellbeing by Novice School Leaders. Tema ini membahas mengenai VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity) yang menjadi strategi untuk membangun kesejahteraan oleh pemimpin. Kegiatan ditutup dengan berfoto bersama dan sesi ramah tamah.

Shared: