Pelatihan Untuk Anggota Baru Laboratorium Psikologi

Jum'at, 14 September 2012 14:43 WIB   Fakultas Psikologi

Berita UMM
 
  Setelah terlaksananya perekrutan asisten baru yang diadakan pada bulan Juli 2012 maka laboratorium psikologi kedatangan 26 orang asisten baru yang disebarkan dalam 10 divisi. Divisi dalam laboratorium psikologi juga mengalami pengembangan selain mengurusi mata kuliah praktikum juga terdapat divisi instrumen/alat ukur, pengembangan  SDM, serta penelitian & pengabdian. Hal ini seiring dengan Visi Fakultas Psikologi UMM menjadi pusat pengembangan ilmu psikologi terapan yang termuka di Asia Tenggara. Sehingga pada periode semester ganjil 2012-2013 ini, asisten laboratorium psikologi mengalami peningkatan kuantitas dengan jumlah 40 orang.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan mengembangkan soft skill asisten maka Laboratorium Psikologi akan mengadakan pelatihan asisten yang diselenggarakan pada tanggal 13-14 September 2012. Pelatihan ini didasarkan pada proses need assessment pada awalnya sehingga ditemukan metode yang tepat untuk menghasilkan output yang diharapkan. Asesmen dilakukan menggunakan beberapa gabungan teknik, yaitu: interview, observasi, tes psikologi, presentation, dan Focus Group Discussion (FGD) dan penyebaran angket. Dengan gabungan teknik tersebut didapatkan data yang akurat terkait kebutuhan peningkatan  kualitas asisten periode ini.

Pelatihan pengembangan sumber daya manusia menjadi jawaban untuk meng-upgrade kemampuan dan keahlian asisten laboratorium psikologi sebelum mengemban tanggung jawabnya. Pelatihan ini menggunakan pendekatan experience based learning,yaitu sebuah konsep di mana permainan (indoor dan outdoor) digunakan untuk menstimulasi permasalahan yang sehari-hari terjadi. Proses pembelajaran akan berjalan sangat efektif jika peserta bersedia berpartisipasi penuh. Dalam metode experience based learning, fasilitator tidak mengajarkan konsep, skill ataupun values, tetapi memberi peserta kesempatan untuk memahami sebuah konsep, skill maupun values melalui pengalaman langsung. Konsepnya seperti kreativitas, communication, teamwork, leadership, dan lain-lain.

Bermain tapi bukan main-main. Fun tapi full learning point. Inilah unsur lebih kegiatan pelatihan ini. Belajar melalui proses mengalami sendiri, berinteraksi secara intens sambil belajar dengan rekan sehari-hari melalui simulasi game yang dilakukan di alam terbuka, adalah pengalaman penuh makna. Karena bercengkerama dengan alam ternyata bisa jadi tes psikologis yang ampuh bagi seseorang.Outbond dengan konsep experience based learning singkatnya adalah proses belajar di mana subjek melakukan sesuatu–bukan hanya memikirkan sesuatu. Harapannya setelah kegiatan ini peserta pelatihan ataupun outbond dapat memahami diri dan lingkungan beserta seluruh permasalahannya serta mengetahui pemecahan permasalahan yang efektif dan efisien, juga mampu memperbaharui pola perilaku dengan menguasai keterampilan belajar sebagai kelompok serta keterampilan mengelola kemampuan intelektual, emosional, spiritual dengan menggabungkan unsur-unsur kognisi, afeksi serta psikomotorisnya.

Pelatihan outdoor dilaksanakan pada hari Kamis, 13 September 2012 dari pukul 08.00-15.00 di area Dome UMM dengan diberikan oleh tim trainer Psychology Laboratory UMM. Dilanjutkan pada hari Jum’at, 14 September 2012 untuk indoornya yang berisi pembekalan tanggung jawab dan peran fungsi asisten oleh Kepala Laboratorium Psikologi serta penguatan mengenai tantangan dan peluang menjadi asisten.

 

Shared: