Pelatihan Psikososial Dasar (Basic Training Psychosocial)

Senin, 15 April 2019 16:13 WIB   Fakultas Psikologi

Pelatihan Psikososial;Bekal Relawan Dalam Memberikan Dukungan Psikososial 

Lembaga Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengadakan kegiatan Pelatihan Dasar Psikososial. Pelatihan diselenggarakan di Aula Lantai 4 Gedung Kuliah Bersama (GKB) 4, Kampus III UMM dan menghadirkan delapan orang pemateri. Pelatihan diikuti oleh 30 orang masyarakat umum dari berbagai daerah seperti Surabaya dan Sidoarjo (13/4).

Pelatihan diselenggarakan sebagai salah satu bentuk perayaan LPT Psikososial pada Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 yang jatuh pada tanggal 26 April 2019. Tujuan utama dalam pelaksanaan pelatihan adalah memberikan pemahaman akan pentingnya dukungan psikososial pada penyintas. Harapannya masyarakat menyadari adanya bahaya disekitar dan menimbulkan semangat  masyarakat siap, tanggap, dan tangguh bencana.

Pelatihan Psikososial Dasar telah diselenggarakan sebanyak dua kali oleh LPT Psikososial UMM, kegiatan pelatihan pertama diselenggarakan pada  13 Januari 2019 dan diikuti oleh 50 orang peserta dari berbagai daerah. Pelatihan kedua ditujukan pada mereka yang berminat untuk belajar dalam memberikan dukungan psikososial pada penyintas dan tidak sempat mengikuti pelatihan sebelumnya. “Kami membatasi jumlah peserta dengan tujuan agar pelatihan dapat berjalan efektif sehingga materi yang diberikan dapat dipahami dengan baik oleh peserta,” jelas Zainul Anwar selaku salah TimLPT Psikososial.

Materi yang diberikan berupa teori dasar kebencanaan disampaikan oleh Muhammad Salis Yuniardi, M.Psi, Ph.D., Psikolog, dasar-dasar asesmen disampaikan oleh Zainul Anwar, M.Psi., Psikolog, self care disampaikan oleh Dr. Diah Karmiyati, M.Si., Psikolog, teknik fasilitasi disampaikan oleh Dr. Latipun, M. Kes, kode etik disampaikan oleh Fath Mashuri, S.Psi., MA, layanan dukungan sosial disampaikan oleh Fenny Febrianti, S.Psi, M.Si, teori dan praktik Psychological First Aids (PFA) disampaikan oleh Nengky Aldi Ranto, S.Psi, dan teknik pelaporan disampaikan oleh Fauhan Hanif Waluyo.  Materi yang diberikan merupakan materi-materi dasar yang penting diketahui oleh para relawan psikososial atau pekerja sosial.(Nata)

Shared: