Mempersiapkan Relawan Mahasiswa Siaga Bencana, LPT Psikososial UMM Mengadakan Pelatihan Dasar Psikososial

Selasa, 30 November 2021 01:50 WIB   Fakultas Psikologi

 

Sabtu (27/11) Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Universitas Muhammadiyah Malang menggelar pelatihan dasar psikososial untuk mahasiswa. Bertempat di Aula BAU UMM pelatihan tersebut diselenggarakan secara bauran (daring dan luring). Dalam keterangannya, perwakilan LPT Psikososial UMM, Alifah Nabilah Masturah, M.A., menyampaikan tujuan dari digelarnya pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas mahasiswa Fakultas Psikologi UMM dalam mempelajari kesiapsiagaan bencana dan layanan dukungan psikososial pada penyintas, mengingat Indonesia merupakan laboratorium bencana. “Harapannya peserta dapat belajar banyak dari pelatihan ini dan dapat menumbuhkan semangat siap, tanggap, dan tangguh bencana” harap Alifah dalam sambutannya.

Pada pelatihan ini, terdapat 6 materi yang dibekalkan kepada peserta. Materi pertama yaitu Self-care dan kode etik relawan disampaikan oleh Sukma Ayu Prastiwiningtyas. Selanjutnya, materi kesehatan mental dan layanan dukungan psikososial disampaikan Adib Asrori, M.Psi., Dasar-dasar Asesmen disampaikan oleh Muhammad Fath Mashuri, M.A., dan Fauhan Hanif Waluyo, Teori dan Praktik Dukungan Psikologis Awal yang disampaikan oleh M. Salis Yuniardi, M.Psi., PhD., dan Neta Hendriati, S.Psi., Teknik Pelaporan disampaikan oleh Ahmad Hendra Purwanto, dan materi yang terakhir, yaitu Teknik Fasilitasi disampaikan oleh Alifah Nabilah MAsturah, M.A., dan Sakinah Nur Rokhmah, M.Sc.

Adib Asrori, M.Psi sebagai pemateri juga berpesan, “ketika kita ingin membantu orang lain seringkali tidak memerhatikan kondisi fisik dan psikologis diri sendiri, sebelum kita membantu orang lain, kita harus dapat membantu diri sendiri, be mindfull dan take care of yourself first.”

Salah satu peserta, Baiq Santi Ayu Safitri menyampaikan kesan baiknya selama mengikuti pelatihan dasar psikososial ini. “Pelatihan ini tentunya sangat bermanfaat karena banyak hal yang dapat dipelajari di sini, bagaimana menjadi relawan hingga psychological first aid, serta pemateri yang menyampaikan materi juga berpengalaman dan komunikatif, membuat kami nyaman saat mengikuti pelatihan”, ujarnya. (zll/fth)

Shared: