Luncurkan Migrant Care, Upaya Internalisasi Psikologi Sosial Pada Pekerja Migran Indonesia (PMI)

Minggu, 11 September 2022 20:50 WIB   Fakultas Psikologi

Fakultas psikologi baru saja meluncurkan program yang berhubungan dengan migrant care atau yang dalam bahasa sehari-hari, kita sering mendengarnya sebagai Lembaga Swadaya. Kegiatan ini dilakukan dengan bertujuan untuk membantu para Pekerja Migran Indonesia (PMI), dengan cara melakukan pendekatan dari perspektif psikologi sosial, lalu mengumpulkan data dan melakukan intervensi sesusai dengan kebutuhan para penyintas. Hal ini, terbagi menjadi dua kelompok, yang mana akan diberangkatkan dengan waktu yang berbeda. Kelompok 1, berangkat pada tanggal 11 September, dan untuk kelompok selanjutnya akan berangkat di bulan depan yakni bulan Oktober. Keberangkatan para mahasiswa juga didampingi oleh satu dosen pendamping, yang akan mengantar mereka hingga ke KBRI.

Migrant care, tidak terlalu mengambil waktu dengan bingung akan mata kuliah yang sedang dijalani, karena kualifikasi untuk mengikuti kegiatan yang termasuk didalamnya adalah tidak ada tanggungan terkait mata kuliah, dan sudah mulai memasuki semester tingkat akhir. Ditambah, kegiatan ini dapat dikonversi menjadi kegiatan magang yang dapat menunjang dalam proses penyusunan skripsi.

Menurut kesaksian salah satu anggota kelompok migrant care, Nurita yang kerap dipanggil Tata, menjelaskan bahwa ada beberapa persiapan yang harus dilengkapi sebelum berangkat menuju Kuala Lumpur. Seperti misalnya pendalaman kesiapan dan materi selama 2 minggu, persiapan instrumen alat ukur, bahan-bahan untuk asesmen (pensil warna, boneka tangan, buku gambar, dll). Walau baginya ini merupakan pengalaman pertama kali dan cukup menegangkan karena masih ada rasa kebingungan terkait intervensi nantinya yang akan dilakukan, ia mrngungkapkan bahwa sudah harus siap dan mengambil kegiatan ini sebagai langkah awal dalam memulai pengalaman baru.

Pesan yang ingin disampaikan oleh Nurita kepada teman pembaca jika tertarik mengikuti migrant care adalah dengan memenuhi kualifikasi terlebih dahulu, memiliki niat untuk belajar, dan mantapkan diri kita untuk memikirkan tujuan terbang ke negeri seberang dengan membantu mereka, “Harus niatin dulu buat mau membantu para PMI dengan cara persiapkan finasial dan mental serta nilai-nilai mata kuliah juga yang harus menunjang. Juga harus  berfokus pada mata kuliah terkait psikologi sosial biar nanti banyak dapat ilmu untuk ngasih dukungan berupa psikososial ke PMI nya karena kan kita masih S1 ya belum bisa kasih penanganan yang klinis”.

Sukses selalu ‘tuk Nurita dan kawan-kawan migrant care dan semangat menjalani tugas di negeri seberang!

Shared: