KULIAH KARIR DAN WIRAUSAHA (KWU) FAKULTAS PSIKOLOGI

Selasa, 02 Juli 2019 11:10 WIB   Fakultas Psikologi

Mempersiapkan memasuki persaingan kerja yang semakin ketat, Fakultas Psikologi mengadakan Kuliah “Karir dan Wirausaha (KWU)” sebagai program lanjutan dari pembinaan mahasiswa dalam mempersiapkan karirnya. Acara yang berlangsung pukul 08.00 ini bertempat di lantai 9 GKB 4 pada hari Selasa (25/06). Kuliah tamu kali ini ditujukan untuk mahasiswa semester enam yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja. Kuliah kali ini mendatangkan alumni Fakultas Psikologi, Muhammad Shodiq, S.Psi selaku pemateri. Beliau adalah seorang wirausahawan yang bergerak di bidang jurnalistik, yakni produser.

Muhammad Shodiq berpandangan bahwa mahasiswa kelak memasuki dunia kerja dan mereka akan  benar-benar ‘buta’ tentang segala hal mengenai perusahaan. Meskipun mereka pernah mengunjungi perusahaan sekalipun, mereka tetap buta karena tidak mengetahui keseharian yang terjadi di dunia kerja. Maka dari itu kuliah seperti ini perlu dilangsungkan supaya mahasiswa mendapatkan bekal akan gambaran dunia kerja. Bagaimana cara ber-enterpreneur yang baik, alias seni dalam bekerja, mencari pekerjaan yang sesuai, dan sebagainya. Tahap selanjutnya yang menurut beliau perlu dilakukan adalah mengundang perusahaan-perusahaan atau Lembaga Perlindungan Konsumen supaya mahasiswa mengerti bagaimana karakter perusahaan. Di zaman yang semakin modern ini, menurut beliau, kualitas mahasiswa perlu terus di update. Selain itu diperlukan satu atau dua skill yang betul-betul dikuasai supaya bisa bekerja tepat pada bidangnya.

Dalam materinya, beliau menekankan bahwa ketika kita akan memasuki dunia kerja, maka akan banyak sekali tantangan dan hal baru yang pasti belum pernah dialami sebelumnya. Karena itu, diperlukan kompetensi dan skill yang mumpuni supaya bisa sukses dalam berkarir. Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan mengubah kebiasaan buruk kita. Hal ini disampaikan dalam materi “Habit”.

Untuk memulai perubahan yang positif, Pak Shodiq menyampaikan bahwa kita bisa mulai mencari “kunci” yang bisa mengubah perilaku kita. Kita pun dapat membiasakan melakukan hal kecil yang bermanfaat setiap hari supaya hal tersebut bisa merubah perilaku kita sehari-hari. Dalam wawancara bersama beliau, pemateri yang memiliki karisma hangat ini berkata bahwa kebiasaan yang perlu diterapkan supaya sukses tidaklah melulu soal teori. Beliau berkata bahwa kunci sukses yang dilakukannya adalah menggunakan cara-cara kuno. Misal, hormat dan patuh kepada orang tua, sering-sering beramal, menolong fakir miskin dan yatim piatu, serta tidak lupa untuk beribadah.

Pak Shodiq juga berpendapat bahwa mulia sekali jika memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan. Hal ini dikarenakan dia bisa memberikan rezeki untuk orang lain di sekitarnya. Berbeda halnya jika seseorang menjadi karyawan, maka dirinya pun hanya bisa membiayai hidupnya sendiri. “Sukses buat saya adalah ketika keluar dari sini dan membuat perusahaan sendiri,” tuturnya.

Sedangkan wakil dekan III (bidang kemahasiswaan) bapak Zainul Anwar, M.Psi., menyampaikan bahwa kuliah Karir dan Wirausaha yang telah dilakukan ini adalah kelanjutan dari kuliah KWU selama satu semester kmarin dengan beberapa materi, seperti manajemen diri, manajemen karir, leadership skill, wawancara kerja, team work, Job Application, Bisnis Plan, dan lain sebagainya. Agar mahasiswa ketika lulus betul-betul siap menghadapi dunia kerja, baik yang ingin menjadi pegawai atau pengusaha. (Ajeng) 

Shared: