Konsisten Menjadi Kunci bagi Rezka Alumni Psikologi UMM Penerima Beasiswa LPDP di University of Toronto, Canada

Selasa, 31 Januari 2023 01:36 WIB   Fakultas Psikologi

Rezka Mardhiyana, seorang alumni Fakultas Psikologi UMM penerima beasiswa LPDP di University of Toronto Canada dengan mengambil major Developmental Psychology and Education yang kini sudah bekerja serbagai HR disalah satu company.

Alumni yang lulus pada Februari tahun 2019 ini kemudian melanjutkan persiapan apply beasiswa LPDP yang pada akhirnya lolos dalam 1 kali percobaan saja. Setelah melewati lika-liku administrasi yang pada saat itu tengah wabah covid-19 tidak menjadi penghalang bagi Rezka untuk melanjutkan cita-citanya.

Semasa berkuliah di UMM, Rezka juga mengikuti program learning express program yang saat itu diselenggarakan IRO UMM menjadi insight baru bagi Rezka untuk berkuliah di luar negeri. Kemudian semakin ditekuni dan membuat planning saat skripsi.

Cita-cita berkuliah ke luar negeri tentu sudah lama Rezka idam-idamkan sejak menduduki bangku SMA kini tercapai, tentunya dengan konsisten dan tekad yang bulat menjadi pondasi utama untuk melanjutkan pendidikan S-2 di luar negeri, khususnya melalui beasiswa LPDP. “Karena akan menjadi perjalanan yang panjang dan banyak yang berhenti di tengah jalan sehingga butuh konsistensi dan fokus” ujar Rezka. Tak hanya itu, perlunya fokus pada timeline setelah lulus S-1 juga penting dikarenakan beberapa tahap memakan waktu yang panjang sehingga perlunya planning yang matang.

Sabar dan tekun tentu menjadi keharusan dalam perjalanan menggapai apa yang diinginkan, “enjoy the process dan berani untuk keluar dari zona nyaman. Tidak mudah memang, namun hal tersebut akan melebarkan zona nyaman selanjutnya. Jadi, jangan takut. Sulit bukan berarti impossible.” pesan Rezka bagi adik-adik yang ingin melanjutkan mimpinya kuliah di luar negeri.

Pengalaman yang tidak terbayar pada akhirnya menjadi kesan yang tidak akan terlupakan, tidak hanya bertemu dengan orang-orang baru dan memperluas koneksi tetapi juga menjadi motivasi untuk memiliki keinginan belajar yang tinggi guna meningkatkan value dalam diri.

Shared: