Fakultas Psikologi-Fakultas Agama Islam UMM Siapkan Generasi Gemilang Melalui Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

Senin, 28 Juni 2021 06:04 WIB   Fakultas Psikologi

 

Awal mula beridirinya 29 April 2018, berlatar belakang dari keinginan Laboratorium Psikologi Terapan Keluarga dan Anak (LPT-KA) Fakultas Psikologi UMM untuk membuka sekolah tahfidz yang alangkah baiknya dimulai sejak usia dini, maka PAUD Surya Gemilang (Surga) hadir dengan mengusung konsep sekolah islami. Konsep tersebut didukung oleh visi dan misi agar anak memiliki akhlak, ilmu, dan adab  yang baik serta target untuk  menjadikan anak generasi tahfidzul quran. Maka dari itu, Fakultas Agama Islam (FAI) UMM juga turut andil dalam mewujudkan hal tersebut. Sejak saat itulah PAUD Surya Gemilang menempati tempat  yang berada di Jl. Saxofon No.212, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Saat ditemui di ruang kerjanya,  Nunuk Ika Herawati, S.Pd,  kepala sekolah PAUD Surya Gemilang, mengungkapkan bahwa selama lebih dari dua tahun sumber daya manusia, baik itu dari Fakultas Psikologi, khususnya LPT-KA dan Fakultas Agama Islam, serta tenaga pengajar yang berada di PAUD sendiri saling bahu-membahu untuk menjalankan pendidikan anak usia dini seperti yang dicita-citakan oleh para pendiri.  

“Jika di tempat lain hanya mem-branding sisi calistung (baca tulis hitung),  PAUD Surga melakukan pendekatan yang berbeda. Melalui pendekatan psikologi perkembangan yang terintegrasi dalam proses pembelajaran siswa. Kami berusaha membiarkan anak tumbuh sesuai dengan fitrahnya dan mengikuti perkembangan anak, namun tak lupa dengan menemani dan mengarahkannya. Mulai dari melihat bakat minat anak, kemudian mengembangkannya sesuai dengan tahap perkembangan seharusnya, hingga memasukkan nilai-nilai adab islam yang baik, mengajarkan anak-anak untuk hafalan al-quran yang bukan sekedar menghafal melainkan juga menjadi pribadi qurani”, ujar Ika.

Nama ‘’Surya Gemilang’’ diambil dari nama masjid yang ada di dekat PAUD Surya Gemilang dan juga sebagai pertanda bahwasannya PAUD Surga merupakan bagian dari organisasi besar yakni Muhammadiyah. Selain itu makna filosofisnya adalah untuk mencetak generasi muda masa depan yang menyinari dunia ini dengan akhlak mulia dan tahfidzul quran. Harapan lainnya adalah agar lulusan paud surga nantinya dapat menjadi sinar dimanapun mereka berada dengan menularkan hal-hal baik yang telah didapatkan.

Berkolaborasi dengan LPT-KA Fakultas Psikologi UMM, PAUD Surga juga memiliki program parenting untuk orang tua agar pemahaman tumbuh kembang anak tidak hanya diketahui guru, melainkan juga orang tua yang harus bekerja sama mendidik anaknya. PAUD Surga memiliki 3 layanan dimulai dari kelompok bermain untuk usia 2-4 tahun, taman kanak-kanak untuk usia 4-6 tahun, dan day care untuk anak usia 1 tahun keatas. Pertengahan tahun ini PAUD Surga membuka alokasi penerimaan siswa baru yang dibuka sepanjang tahun 2021. (izz/fth)

Shared: