International Credit Transfer Mahasiswa Fakultas Psikologi di MSU Malaysia

Kamis, 29 Desember 2022 02:13 WIB   Fakultas Psikologi

28 Desember 2022 Aldin Ulil Amri beserta 9 teman mahasiswa fakultas psikologi lainnya tengah menempuh pendidikan dengan melakukan program international credit transfer di Malaysia (Management & Science University (MSU).

Program ini dijalani oleh mahasiswa dimana dilakukannya perkuliahan selama satu semester di Malaysia. Sistem penilaiannya pun yaitu nilai yang diperoleh akan diakumulasikan kembali saat tiba di Indonesia, serta setelah program ini selesai. Dimana semester 5 yang dijalani oleh Aldin ulil amri dan 9 teman lainnya yaitu mata kuliah yang dikonversi.

Pada saat proses pembelajaran disana, Aldin mengaku tidak ada kesulitan dalam proses belajar mengajar yang mana perbedaan perkuliahan disana yaitu adanya sistem project yang seringkali diberlakukan layaknya praktikum di UMM. Untuk mata kuliah yang ditempuhpun tidak jauh berbeda, hanya saja mungkin perbedaan nama mata kuliah namun tidak mengubah esensi materi pembelajaran itu sendiri. Perkuliahanpun dirasa lebih fleksibel dan lebih banyak menggunakan pembelajaran team atau perkelompok. Dari segi materipun jauh lebih banyak hingga dibuat perchapter pada tiap-tiap materi pembelajaran sehingga materi yang disampaikanpun lebih spesifik hingga part terkecil.

Mahasiswa tentunya tetap dapat merasakan pula kegiatan non akademik di MSU seperti acara-acara bagi international student seperti celebration, festival, dan kegiatan-kegiatan lainnya bagi international student. Secara kulturpun teman-teman mahasiswa fakultas psikologi lebih belajar banyak perihal bersosial antar ras dikarenakan banyak pula pelajar internasional lain khususnya Chinese dan india.

Dengan adanya program international credit semester ini tentu menjadikan pengalaman yang luar biasa berharga hingga relasi dan kemampuan lain yang didapatkan selama masa exchange. “Banyak sekali pengalaman berharga yang tidak dapat dibeli menggunakan apapun, maka kami sangat bersyukur dan menjalani masa-masa pembelajaran disini dengan sangat baik. Karena yang paling berharga adalah waktu, hingga waktu yang kami dapatkan disini jangan sampai terbuang sia-sia.” Ujar Aldin, salah satu mahasiswa fakultas psikologi yang mengikuti program international credit semester.

Shared: