Edukasi “Intervensi TEACCH” pada Individu Berkebutuhan Khusus, Fakultas Psikologi UMM Hadirkan Founder SLB River Kids

Selasa, 27 April 2021 13:14 WIB   Fakultas Psikologi

Sabtu (24/4) tim Dosen Pengampu mata kuliah Psikologi Individu Berkebutuhan Khusus yang berkerjasama dengan Laboratorium Psikologi Terapan Pengembangan Individu Berkebutuhan Khusus (LPT-PIBK) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang membekali para mahasiswa semester VI terkait upaya pemberian intervensi yang tepat untuk individu-individu istimewa. Kegiatan ini dikemas dalam serial kuliah tamu yang bertajuk “Intervensi TEACHH untuk Individu Berkebutuhan Khusus” yang disampaikan langsung oleh salah satu alumni kebanggaan Fakultas Psikologi UMM yakni Sri Retno Yuliani, S.Psi atau yang kerap disapa Retno. Tercatat sebanyak 366 orang mahasiswa aktif Fakultas Psikologi UMM turut serta dalam mengikuti kuliah tamu yang diadakan secara daring melalui platform zoom meeting.

Meskipun pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring, namun semua itu tidak menyurutkan semangat dan antusiasme para mahasiswa. Hal tersebut dapat diketahui dari tingginya rasa keingintahuan yang tertuang dalam berbagai pertanyaan menarik yang disampaikan dalam chat room zoom meeting. Selain itu semangat dan keaktifan serta kemampuan para mahasiswa juga dapat diketahui dari hasil posttest yang telah diberikan.

Dalam sambutannya, Diana Savitri Hidayati, M.Psi selaku perwakilan dari pihak Dekanat menyampaikan bahwa program kuliah tamu ini dirancang dan diberikan oleh Fakultas Psikologi dengan harapan dapat mempersiapkan lulusan-lulusan Sarjana Psikologi yang berkompeten, berwawasan luas, dan berdaya saing serta memiliki kemampuan mendalam dalam ranah pengembangan keilmuan psikologi. Oleh sebab itulah program ini terlaksana untuk memberikan gambaran kepada para mahasiswa tentang apa saja yang sekiranya bisa dilakukan ketika mengintervensi individu-individu spesial. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai metode dan pendekatan untuk dapat terus mengasah dan mengoptimalkan kemampuan, kelebihan, maupun bakat yang dimiliki oleh IBK.

Tak hanya sebagai pemandu dan moderator saja, Ni’matuzahroh, M.Si selaku perwakilan dari tim dosen pengampu dan LPT-PIBK juga menyelipkan berbagai motivasi kepada para mahasiswa agar dapat serius belajar dan haus akan ilmu pengetahuan agar kemampuan yang dimiliki dapat berkembang dengan optimal.

Selanjutnya pemaparan materi terkait “Intervensi TEACCH” langsung diambil alih oleh Sri Retno Yuliani, S.Psi. Menurutnya, sejauh ini intervensi TEACCH adalah salah satu teknik intervensi yang dirasa memiliki berbagai metode dan pendekatan yang terbukti efektif untuk memberikan pelayanan dan penanganan pada IBK khususnya pada individu autistic. Hal tersebut dikarenakan dalam teknik ini menyatukan berbagai pendekatan dalam memberikan treatment and education of autistic children and others with communication handicap. Dimana artinya teknik ini didesain untuk mengakomodasikan kelebihan dan kelemahan IBK agar dapat mencapai tingkat kemandirian yang maksimal sesuai dengan kapasitas yang dimiliki tanpa mengabaikan faktor pendukung seperti lingkungan dan keterampilan. Desain dari teknik ini juga tidak hanya berfokus pada IBK saja, melainkan juga pada bagaimana peran orangtua dan lingkungan sekitar dalam mengedukasi, melayani, dan mendukung IBK agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Selepas pemaparan materi, mahasiswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dengan narasumber. Tentu saja hal tersebut tidak dilewatkan begitu saja, melainkan para mahasiswa turut aktif dalam sesi diskusi dan berbagi pengalaman yang pernah dialami. Tak lupa, di akhir sesi kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan yang telah terlaksana (izz).

Shared: