Bahagia Lansia Bahagia Kita Semua, Bakti BEM Fakultas Psikologi UMM

Sabtu, 25 Februari 2023 10:05 WIB   Fakultas Psikologi

Malang, 24 Februari 2023 - BEM fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Malang mengawali awal tahun ini dengan menyelanggarakan kegiatan peduli lansia melalui acara bakti sosial  yang diadakan di panti jompo Griya Asih Lawang Malang.  Pada kesempatan kali ini BEM Fakultas Psikologi mengangkat  tema kegitatan “Psychocare With Eldery Bahagia Lansia Bahagia Kita Semua”, tema kegiatan memiliki makna dan tujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara mahasiswa dengan masyarakat serta menegakkan visi misi BEM Fapsi.

Kegiatan bakti sosial ini diikuti oleh 13 panitia inti beserta 33 penghuni panti jompo atau yang kerab dipanggil dengan sebutan oma, serta dihadiri oleh pengurus panti jompo yaitu Ibu Nathalie Paula Poulan sebagai ketua panti jompo Griya Asih Lawang Malang. Beliau  mengatakan bahwa beliau senang menerima kami mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang untuk berkunjung di panti Griya Asih, sehingga beliau bisa menangkap benang merah positif dari acara kegiatan bakti sosial ini. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang di adakan oleh mahasiswa UMM untuk menunjukkan bahwa mahasiswa UMM sangat yang peduli terhadap lansia. Tidak hanya sambutan dari pihak panti jompo. Adapun pesan yang disampaikan oleh ketua panitia yaitu Gilang Putri Permatasari melalui sambutan pembukaan acara dengan ucapan terima kasih atas antusias oma-oma dan para tamu undangan yang telah berkontribusi dalam mensukseskan kegiatan ini, ia juga berharap dengan adanya kegiatan Psychocare With Eldery ini dapat menjalin hubungan yang baik kedepannya dan bermanfaat di hari nanti.

Pada awal acara dimulai dengan senam sehat dipagi hari yang diikuti seluruh oma yang masih mampu duduk ataupun berdiri karena tidak semua oma memiliki kekuatan fisik yang baik karena faktor usia yang sudah memasuki masa lansia. Senam ini bertujuan untuk membangun semangat dan keakraban antara panitia dengan oma agar mampu membimbing dengan baik pada setiap rangkaian acara. Memasuki acara selanjutnya yakni membuat kreasi dompet dengan manik-manik lalu bermain mainan tradisional seperti congklak, domino, uno, remi, dan bola bekel yang telah disediakan oleh panitia lalu dimainakan dengan bimbingan para perawat panti jompo dan panitia. Butuh kesabaran yang ekstra dalam membimbing oma-oma karena kekuatan dan kemampuan fisik yang sudah mulai menurun sehingga setiap pergerakan membutuhkan pengawasan dan pengontrolan agar acara demi acara dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Seluruh acara yang diadakan pada kegiatan bakti sosial  disambut dengan hangat oleh oma-oma hal ini dapat dilihat dari antusiasme oma-oma yang terlibat dalam acara ini. Salah satu dari oma-oma mengatakan bahwaJangan lupakan kami ya, dan berkunjung kembali lagi kalau kalian sudah wisuda saya akan selalu mendoakan kebaikan untuk kalian semua”  Berdasarkan pesan yang disampaikan menunjukkan bahwa usia lansia sangat dibutuhkan dukungan melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat positif agar mereka tidak merasa kesepian dan merasa terhibur dengan orang-orang yang berada pada sekelilingnya. Harapannya dengan diadakannya acara Psycocare With Eldery ini dapat memberikan manfaat terhadap kami selaku Mahasiswa fakultas psikologi dan juga para lansia di panti jompo Griya Asih dan semoga acara seperti kesempatan kali ini dapat terus dikembangkan dan diteruskan pada kesempatan-kesempatan selanjutnya. 

Shared: