26 Tahun Terakreditasi A BAN-PT, Program Studi Sarjana Psikologi UMM Masih yang Terbaik di Malang Raya

Minggu, 30 Mei 2021 17:37 WIB   Fakultas Psikologi

 

Program studi sarjana Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang secara konsisten mampu menunjukkan kualitasnya. Hal ini dibuktikan dengan kembali diperolehnya akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan  SK Nomor: 3162/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2021. Total, Psikologi UMM telah menyandang akreditasi A selama empat periode, atau 26 tahun. Saat dikonfirmasi mengenai pencapaian tersebut (29/5), Dekan Fakultas Psikologi UMM, M. Salis Yuniardi, PhD, mengungkapkan rasa syukur yang mendalam atas raihan prodinya, serta tidak ragu menyebutkan bahwa Psikologi UMM menjadi prodi yang diperhitungkan di Indonesia. “Alhamdulillah, ini hal yang patut kita syukuri. Empat periode (sejak 2006 – 2026) kita meraih akreditasi yang mumpuni. Sekaligus menegaskan posisi  Psikologi UMM di Indonesia yang tetap kompetitif dan eksis, bahkan masih menjadi penyelenggara pendidikan sarjana psikologi yang terbaik di Malang Raya”, ungkap Salis.

Salis menjelaskan bahwa konsistensi Psikologi UMM menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia tidak lepas dari visi psikologi terapan yang diusung dalam proses pembelajaran, sehingga langsung memberi manfaat pada masalah kompleks kehidupan manusia. “Psikologi di UMM tidak hanya pandai bernarasi tetapi lebih dari itu mahasiswa psikologi UMM mampu menganalisis problem manusia dan memberikan solusi”, terang Salis.

Hasil tersebut (perolehan akreditasi dari BAN-PT) tidak lantas menjadikan pihak pengelola prodi Psikologi UMM berpuas diri. Diana Savitri Hidayati yang akrab disapa Didi, selaku Wakil Dekan I, menuturkan bahwa sebelumnya program studi juga mengajukan rekognisi internasional Asean University Network - Quality Assurance (AUN-QA), dan selangkah lagi akan berstatus certified berdasarkan hasil asesmen yang telah diterima oleh tim akademik. “Bentuk komitmen Fakultas Psikologi untuk terus berdaya saing dan bermanfaat secara global salah satunya melalui rekognisi, baik itu di tingkat nasional maupun internasional. Setelah BAN-PT dan AUN-QA, di tahun 2022 nanti kami membidik akreditasi internasional lainnya, yaitu FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation), pungkas Didi. (fth)

Shared: