“Career Festival” Cara Baru Mengenalkan Karier pada Siswa Sekolah Dasar

Senin, 03 Oktober 2022 21:39 WIB   Fakultas Psikologi

Sabtu (01/10) Fakultas Psikologi melaksanakan kegiatan pengenalan karier kepada siswa sekolah dasar dengan nama “career fantasy”. Kegiatan ini diselenggarakan pada salah satu sekolah dasar di Desa Jambesari 1 Kecamatan Pocokusumo Kabupaten Malang. Kepala Desa Jambesari mengatakan jika pengenalan karier termasuk pendidikan dan profesi sejak dini belum pernah dilakukan di sekolah dasar yang ada di Desa Jambesari. Adanya pernyataan tersebut, membuat tim melakukan pengenalan karier kepada para siswa. Tujuan dilakukannya kegiatan ini, untuk mengenalkan beberapa jenis pekerjaan kepada siswa, supaya mereka mampu memahami karier yang akan dijalani sehingga dapat melakukan perencanaan terkait kehidupan dan masa yang akan datang.

Kegiatan tersebut berlangsung sangat pecah. Antusiasme siswa, sungguh terasa sepanjang acara berlangsung. Pada kegiatan ini para siswa di bagi menjadi 7 kelompok, di mana setiap kelompok siswa tersebut akan mengunjungi setiap corner atau pos yang ada. Setiap pos berisi profesi yang akan diperkenalkan kepada siswa, dengan cara mendemonstrasikan profesi yang tersedia dalam pos tersebut. Selain melihat dan mendengar penjelasan terkait demonstrasi profesi, setiap siswa akan memilih satu profesi yang akan mereka gambar dan beri penjelasan sesuai yang mereka pilih.

Kegiatan “career festival” ini diharapkan bisa berjalan dengan konsisten untuk kedepannya, dapat  membantu siswa sekolah dasar untuk mengenal beberapa profesi yang cukup asing di telinga  mereka. Kegiatan ini terlaksana dengan lancar dan berhasil berkat dukungan tim dosen LPTIP (Laboratorium Psikologi Terapan Industri dan Pendidikan), Pusat Layanan Psikologi, Alumni dan mahasiswa.

Kontributor: LPT IP

Shared: