Belajar ABK dan Penanganan nya dari Negri Jiran

Senin, 30 Oktober 2023 07:41 WIB   Fakultas Psikologi

Senin, 30 Oktober 2023 Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang mengajak mahasiswanya untuk mengikuti kuliah tamu mengenai konseling disabilitas yang dibawakan langsung oleh Dr. Ruwinah Abdul Karim, selaku Head of Clinical Therapy, Hospital Penawar, Johor Bahru, Malaysia. Kuliah Tamu yang berlangsung selama 2 jam ini membahas banyak hal menarik mengenai apa saja gangguan disabilitas dan beberapa jenis terapi nya, hal ini tentu saja memancing antusias mahasiswa terutama mereka yang mayoritas menaruh minat di bidang Klinis. 

Dr. Ruwinah selaku narasumber sekaligus pemilik klinik terapi di salah satu kota besar di Malaysia ini menjelaskan, Autism, ADHD dan beberapa disabilitas dapat ditangani dengan salah satunya menggunakan terapi. Adapun terapi terdapat beberap jenis yang dimana salah satunya ialah Hippotherapy. 

Selama sesi kuliah tamu berlangsung juga, mahasiswa menjadi banyak mengerti mengenai sensori penyandang autis yang dimana memiliki 2 sensori lebih banyak dibanding manusia pada umum nya, permulaan penyandang disabilitas bisa didiagnosis dimulai pada umur berapa serta membahas lebih lanjut mengenai disleksia.

Kegiatan pun ditutup dengan ramai nya sesi tanya jawab oleh mahasiswa serta sesi foto bersama para peserta dan narasumber.

Shared: