Fakultas Psikologi
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Psikologi
Universitas Muhammadiyah Malang

Sejarah

 

 


 

Sejarah Fakultas Psikologi

            Program studi Psikologi didirikan pada tahun 1985 sebagai salah satu program/jurusan studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. 1 tahun kemudian program studi ini menjadi Fakultas tersendiri dan memperoleh status TERDAFTAR dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK nomor 0502/0/1986 tertanggal 28 Juli 1986. Tanggal SK ini ditetapkan sebagai berdirinya Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Pada tahun 1993 Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang memperoleh status DIAKUI dengan SK Dirjen Dikti No. 177/Dikti/Kop/1993, tanggal 26 April 1993. 2 (dua) tahun berikutnya berstatus DISAMAKAN, yaitu pada tanggal 5 Juni 1995 dengan SK Dirjen Dikti No. 149/Dikti/Kop/1995. Dengan status DISAMAKAN ini maka Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang dapat menyelenggarakan Ujian Negara sendiri/mandiri.

Berdasarkan ketentuan kurikulum nasional, maka sejak 1993 Fakultas Psikologi tidak lagi memiliki jurusan-jurusan dan hanya menyelenggarakan satu program studi, yaitu program studi Psikologi. Sehubungan dengan ketentuan ini, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan Programs Studi Psikologi dengan peminatan : (1) Psikologi Industri dan Organisasi, (2) Psikologi Pendidikan, (3) Psikologi Perkembangan, (4) Psikologi Sosial, (5) Psikologi Klinis (6) Psikodiagnostik.

Sejalan dengan Sistem Pendidikan Tinggi, Fakultas Psikologi secara Nasional diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang memperoleh predikat “Terakreditasi A”  dengan SK No.: 08400/Ak-IX-S1-030/UMMCZI/II/2006 tanggal 9 Februari 2006. Dengan demikian Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang dapat melaksanakan secara mandiri segala kegiatan akademiknya. Prestasi ini masih terus dapat dipertahankan oleh Fakultas Psikologi dengan diperolehnya kembali "Akreditasi A" berdasarkan SK.BAN.PT. No 16 tahun 2011 yang berlaku hingga tahun 2016.

Pada awal Februari 2007 Fakultas Psikologi UMM mendapat kepercayaan dari DIKTI dan HIMPSI Pusat untuk menyelenggarakan program magister Psikologi (Magister Sains dan Profesi Psikologi) dengan terbitnya SK Dirjen Dikti No. 150/D/T/2007 dan Rekomendasi Himpsi Pusat No. 115/PP-Himpsi/II/2007. Kondisi ini menjadi bukti bahwa Fakultas Psikologi UMM telah dipandang mampu dan kredibel untuk menyelenggarakan pendidikan bidang ilmu psikologi oleh pemerintah dan masyarakat umum.

Pada awal berdirinya Fakultas Psikologi UMM menempati kampus 1 di Jalan Bandung no. 1 Malang yang kini digunakan untuk program magister dan doctor. Selanjutnya pindah ke kampus 2 di jl. Bendungan Sutami no. 188A. Kini menempati kampus 3 (kampus terpadu) di jl. Raya Tlogomas no. 246 Malang. Dalam perkembangannya Fakultas Psikologi UMM telah melengkapi fasilitas pembelajaran dengan berbagai laboratoirum dan peralatan lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.

..selanjutnya (pejabat fakultas)

Shared: