Fakultas Psikologi
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Psikologi
Universitas Muhammadiyah Malang

Profil

Dekan III

 

 

 

 

 

PROFIL FAKULTAS PSIKOLOGI


             Fakultas Psikologi -UMM yang didirikan pada tanggal 28 juli 1986 dengan SK Pendirian : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 0502/0/1986, kini telah memasuki usia 27 tahun. Selama waktu itu kami mendidik ribuan mahasiswa yang datang dari berbagai wilayah di tanah air, mulai dari Sabang sampai Merauke. Motto kami adalah “mendidik dan membangun bangsa”. Melalui motto tersebut kami lebih banyak mencurahkan kepada proses belajar mengajar dan pengabdian-pengabdian yang bisa langsung dirasakan masyarakat. Kami selalu memadukan kegiatan akademik dengan praktek langsung di masyarakat, melalui program-program pendampingan dan bantuan psikosial yang dilaksanakan di beberapa wilayah yang terkena bencana dan konflik  yang ada di Indonesia. Tentu saja dengan berbekal pengalaman selama 27 tahun tersebut kami telah banyak belajar dan telah menemukan strategi yang benar dalam proses penyelenggaraan pendidikan psikologi.

Fakultas Psikologi UMM yang terakreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional memberikan bekal kepada mahasiswa dengan kompetensi unggulan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja (link & match). Kurukulum yang disusun tidak hanya membentuk  lulusan menjadi sarjana Psikologi yang kompeten di bidang kelimuannya, melainkan juga memiliki pemahaman dan perilaku yang Islami dan peka terhadap kearifan lokal bangsa Indonesia.

            Dengan semangat “Menjaga Reputasi Dengan Inovasi”, Fakultas Psikologi UMM Terus berbenah untuk mengembangkan dirinya untuk mencapai idealita sebuah program studi. Berbagai inovasi telah dilakukan dan berbagai kerjasama dengan pihak lain (dalam dan luar negeri) juga telah dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat dari Ketersediaan Unit Pengembangan Ketrampilan dan Integritas, misalnya memiliki Career Center, Dana Sosial Mahasiswa, Assessment Center PK/PLK Nasional, Pusat Layanan Psikologi, Pusat Konseling Trauma dan bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa dan Dinas Sosial serta lembaga lain di luar negeri.

            Fakultas Psikologi UMM juga menyediakan fasilitas pembelajaran yang telah terbukti mampu memberikan bekal optimal bagi profesionalisme lulusan Psikologi. Hal ini dapat dilihat dari ketersediaan berbagai laboratorium eksperimen, konseling, psikodiagnostik, keberbakatan, terapi keluarga dan kelompok serta trauma healing yang dilengkapi dengan peralatan canggih untuk melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan. Sarana pembelajaran lain yang dapat dinikmati adalah Resource Center yang digunakan untuk pusat belajar berbagai bidang peminatan dengan dilengkapi digital library yang dapat mengakses literature dan jurnal ilmiah internasional.

            Untuk membangun suasana akademik dan kemahasiswaan, juga disediakan sebuah kelas yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar perkuliahan, unit kegiatan kemahasiswaan yang bertujuan mengembangkan bakat dan minat mahasiswa, pelatihan dan magang mandiri, tutorial akademik dan kepribadian serta berbagai study club yang mengkaji temuan-temuan ilmiah di bidang Psikologi. Kondisi inilah yang diyakini dapat meningkatkan kualitas lulusan agar segera terserap di dunia kerja.


Struktur Organisasi, Koordinasi dan Cara Kerja Fakultas Psikologi

Shared: