Silaturahim OrangTua/Wali Mahasiswa Baru Gelombang Pertama 2019

Kamis, 20 Juni 2019 15:35 WIB   Administrator

Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyelenggarakan "Silaturrahim pertemuan orang tua/wali mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020, Pada hari Sabtu (15/06/2019) di Aula Lt. 9 GKB IV UMM Kampus III. Pertemuan ini ditujukan untuk orang tua/wali mahasiswa baru untuk memperkenalkan sistem perkuliahan di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. Jajaran Dekanat dan Dosen turut hadir dalam acara ini.
Acara ini dibuka oleh jajaran Dekanat Fakultas psikologi dengan sambutan yang di awali oleh Ibu Diana Savitri H., M.Psi (Wakil Dekan I) Fakultas Psikologi, beliau menerangkan mengenai sistem akademik dan memperkenalkan jajaran Dekanat dan Dosen yang ada di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. "Saya mengucapkan selamat bergabung menjadi keluarga di fakultas psikologi UMM," demikian ucapan selamat beliau menyambut para orang tua wali mahasiswa. Beliau juga menyampaikan bahwa Dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang tidak dapat menghadiri acara yang diselenggarakan ini, karena ada acara yang tidak dapat ditinggal di Taiwan. Beliau menyampaikan bahwa sistem akademik mahasiswa baru menggunakan kurikulum 2019/2020.
Sambutan dilanjutkan oleh Wakil Dekan 3 Zainul Anwar, S.Psi,. M.Psi., Psikolog. Beliau menerangkan mengenai kegiatan kemahasiswa mulai dari PESMABA (pengenalan studi mahasiswa baru), STUDENTDAY, P2KK (Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan), PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), Pengembangan Karir dan Wirausaha. Beliau juga menjelaskan bahwa di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang memiliki banyak wadah/organisasi kemahasiswa yang dapat digunakan untuk mengembangkan bakat dan minat, seperti adanya UKM (Unit Kegiatan Kemahasiswaan) dan LSO (Lembaga Semi Otonom) untuk mengembangkan Penalaran, Seni Budaya, Olahraga, Dunia Pers, dan Keagamaan. Selain itu juga ada Lembaga Intra (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas dan Senat Fakultas) semua wadah tersebut dalam rangka untuk pengembangan soft skill mahasiswa.  Pak Zainul Anwar juga menyampaikan bahwa banyak beasiswa bagi mahasiswa, mulai dari Beasiswa alumni, PPA, Bank Muamalat, beasiswa Djarum, dan lain-lain.
Pada saat acara berlangsung terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh orang tua/wali mengenai SKPI dan PESMABA. Untuk PESMABA, salah satu orang tua/wali mahasiswa menanyakan tentang kekhawatiran mengenai perpeloncoan yang biasa terjadi karena senior dalam kegiatan Ospek semacam PESMABA. Wakil Dekan 3 Zainul Anwar, S.Psi,. M.Psi., Psikolog menjelaskan bahwa tidak akan ada hal seperti itu, di PESMABA UMM. “Kegiatan PESMABA ditujukan untuk mengenalkan berbagai hal mengenai kehidupan kampus, mengenalkan civitas akademik mulai dari Rektor, Dekan dan seterusnya. Selain itu di kegiatan PESMABA juga dilaksanakan agar menjadikan pribadi mahasiswa lebih baik, karena dalam kegiatan tersebut juga akan dibekali berbagai strategi untuk pengembangan diri mulai dari identifikasi potensi bakat dan minat dan strategi pengembangannya,” ujar pak Zainul. Beliau juga menjelaskan program untuk memudahkan orang tua dalam memantau perkembangan akademik putra/putrinya melalui aplikasi MyParent UMM yang dapat diunduh di playstore. Acara ini berlangsung sangat kondusif dan orang tua/wali mahasiswa/i sangat aktif dalam berdialog. (Andian)
Shared: