Relawan Psikososial Gempa Bumi Palu

Minggu, 28 Oktober 2018 20:51 WIB

Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang kembali mengirimkan Tim Relawan Psikososial setelah 1 bulan berada di Lombok sebanyak 10 relawan, dan sekarang (27/10/2018) memberangkatkan lagi 5 relawan psikososial ke Palu.

Tim relawan psikososial tiba di Palu, Sulawesi Tengah (28/10/2018). Relawan kebencanaan terdiri dari Jeri Perdana selaku ketua tim dan empat anggota lain yaitu Nata Hendriati, Nengky Aldi, Fauhan Hanif, dan Hendra Purwanto. Relawan diagendakan akan menetap di Palu selama dua minggu sesuai dengan Surat Tugas yang dikeluarkan oleh Dekan Fakultas Psikologi yaitu Salis Yuniardi, sejak tanggal 27 Oktober hingga 10 November 2018.

Yocki Asmoro selaku ketua Pos Pusat Respon Palu dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menjelaskan bahwa relawan dari LPT Fakultas Psikologi UMM sepenuhnya akan di posisikan di daerah Wina 2 Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Pos Wina 2 adalah pos yang baru saja di buka sehingga masih sangat membutuhkan banyak tim, termasuk tim relawan psikososial. "Saya yakin teman-teman dari LPT dapat memberikan banyak bantuan, mengingat mereka sudah beberapa kali turun respon kebencanaan" jelasnya.

Jeri Perdana menjelaskan bahwa aktifitas relawan psikososial selama dua minggu akan fokus menangani anak-anak hingga lansia. Kegiatan akan diisi dengan asesmen psikologis, konseling, distraction activity, dan psikoedukasi. "Kami akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat", jelas mahasiswa semester tujuh tersebut. (Nata Hendriati).

Shared: