Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi, Fakultas Psikologi UMM Luncurkan Program e-Seminar

Sabtu, 02 Mei 2020 11:04 WIB   Administrator

Fakultas Psikologi UMM berupaya menjaga kesehatan mental masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19 dengan meluncurkan program e-Seminar yang dapat diakses oleh khalayak ramai setiap pekannya. Seri pertama telah dilaksanakan pada Jumat (1/5) secara daring dengan melibatkan dua laboratorium psikologi terapan (LPT) yang ada di Fakultas, yaitu LPT. Keluarga dan Anak, serta LPT Psikososial.     

Laboratorium Psikologi Terapan Keluarga dan Anak (LPT. KA) mengangkat tema "Mereduksi Kecemasan Pada Ibu Hamil". Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian dan kontribusi nyata kepada masyarakat di tengah keterbatasan akibat pandemi, khususnya pada ibu hamil.

Dalam sesi tersebut dijelaskan bahwa salah satu kelompok paling rentan selama menghadapi covid-19 selain anak-anak dan lansia adalah ibu hamil. Psikolog LPT KA Fakultas Psikologi UMM, Dr. Siti Suminarti Fasikhah memaparkan bahwa ibu hamil termasuk menjadi kelompok rentan terpapar covid-19 dan terpapar informasi negatif sehingga cenderung menjadi cemas. Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa rasa cemas yang dirasakan ibu hamil kerap muncul atas situasi yang penuh dengan ketidakpastian atas kondisi diri dan bayinya.

Antusiasme peserta cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan ini. Berbagai pernyataan dan respon positif diberikan oleh peserta atas penyelenggaran pelatihan tersebut mengingat edukasi yang dikhususkan pada ibu hamil yang terdampak pandemi sangat terbatas. Nandy Agustin Syakarofath selaku koordinator kegiatan menuturkan bahwa melalui pelatihan ini kami ingin berbagi ilmu dan pengetahuan terkait beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk menurunkan kecemasan pada ibu hamil selama menghadapi pandemi covid-19. Nandy menambahkan, seri kedua dengan tema yang berbeda akan kembali dilaksanakan pada pekan depan.

Sementara pada kegiatan lainnya yang diadakan oleh LPT. Psikososial mencoba memberi kiat-kiat untuk tetap bahagia selama pandemi. Mengusung tema "Ayo Bahagia: Happy at Home Selama Pandemi Covid-19" , kegiatan tersebut diisi oleh dua narasumber sekaligus, yaitu Hudaniah, M.Si dan Alifah Nabilah Masturah, M.A. Hudaniah mengungkapkan bahwa Pandemic covid-19 dan kebijakan #dirumahaja adalah salah satu proses perubahan hidup yang kita hadapi saat ini. Perubahan dalam hidup, baik yang terjadi secara tiba-tiba maupun yang terjadi secara perlahan akan memunculkan kekhawatiran dan ketidakpastian yang berujung pada stres. Kondisi seperti ini akan menjadikan individu tidak bahagia. Stres merupakan bentuk akumulasi dari berbagai pikiran dan perasaan negatif yang ditumpuk oleh individu. Sebuah tekanan hidup yang kita ciptakan sendiri. 

Penjelasan selanjutnya dituturkan oleh Alifah, bahwa terdapat enam hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesejahteraan psikis dan tetap menjadi diri yang berkembang dan berbahagia ditengah pandemic, yaitu:

  1. Melakukan hal-hal yang kita senangi dan menunjang hobi kita, seperti membaca, memasak, bercocok tanam, dan lain-lain.
  2. Pandemic adalah situasi, bukan akhir kehidupan. Artinya, kita masih tetap harus berpegang dan Kembali menyesuaikan fokus pada tujuan dan cita-cita kita di masa depan serta merancang dan memaksimalkan usaha untuk mencapainya dengan tetap mengingat himbauan #dirumahaja.
  3. Berusaha meningkatkan kemampuan kita, meskipun situasi pandemic kita tidak boleh lupa untuk terus belajar, ikuti kelas sharing dan diskusi online, tingkatkan keahlian pada bidang yang kita sukai atau profesi yang kita miliki, seperti eksperimen membuat kue lebaran.
  4. Perlu diingat bahwa kita dihimbau untuk physical distancing yang artinya menjaga jarak secara fisik. Hati dan hubungan sosial harus tetap dijaga agar tak berjarak. Banyak media yang dapat memfasilitasi.
  5. Pikirkan cara menghadapi (solusi) kesulitan dan ketidakpastian yang kita khawatirkan, bukan alasan kita merasa khawatir.
  6. Tetap jaga kebugaran tubuh, karena jelas sekali dibalik tubuh yang sehat, ada jiwa yang sehat pula

Rangkaian kegiatan e-seminar ini akan dilaksanakan setiap minggu selama bulan Ramadhan. Informasi berkaitan dengan kegiatan tersebut dapat dilihat pada link http://psikologi.umm.ac.id/id/agenda/series-eseminar-psikologi-di-era-covid19.html dan http://psikologi.umm.ac.id/id/agenda/lembaga-psikologi-terapan-keluarga-dan-anak-online-sharing-session.html (PR/Fapsi)

Shared: