Fakultas Psikologi UMM Siap Terima Mahasiswa Baru dari Jalur Influencer

Sabtu, 21 Maret 2020 10:18 WIB

 

 

Sejalan dengan kebijakan UPT. Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Malang yang memberi kesempatan kepada para influencer, content creator, atau youtuber untuk masuk menjadi bagian dari generasi “Jas Merah Kampus Putih” melalui jalur minat-bakat (jalur non-akademik).

 

Fakultas Psikologi UMM pun menyambut positif langkah tersebut. Dalam keterangannya, M. Salis Yuniardi selaku Dekan Fakultas Psikologi UMM, menyatakan bahwa hal tersebut merupakan gebrakan inovatif untuk dunia perguruan tinggi di Indonesia. “Di luar negeri yang jago basket, mumpuni dalam menulis, punya bakat seni dan drama, serta prestasi non-akademik lainnya menjadi jalan masuk bagi calon mahasiswa untuk diterima di perguruan tinggi. Dan itu pernah terjadi pada lulusan S1 Psikologi UMM yang ditawari untuk studi di Northeastern University - US karena pengalamannya menjadi relawan berskala Internasional ”, ujar  beliau. 

 

 

Di Indonesia sendiri hegemoni influencer, content creator, dan sejenisnya tidak bisa ditampik. Justru situasi ini perlu diambil sisi positifnya oleh perguruan tinggi. Misalnya, di Fakultas Psikologi UMM hasil-hasil riset jumlahnya sangat melimpah.

 

Mengandalkan publikasi jurnal ilmiah untuk mempromosikan hasil riset tersebut dinilai hanya menyasar masyarakat ilmiah semata, tetapi tidak terkomunikasikan dengan baik pada khalayak ramai. Hadirnya mahasiswa yang berasal dari jalur  influencer dan content creator dimana mereka akan melalui proses pembelajaran di Fakultas Psikologi UMM dinilai membantu “membumikan dan memasyarakatkan” keilmuan psikologi. 

 

Senada dengan hal tersebut M. Salis Yuniardi kembali menambahkan “psikologi itu harus diterapkan, dan adanya mahasiswa yang berasal dari kalangan tersebut akan membuka jalan penerapan ilmu psikologi lebih masif lagi”. Lebih dari itu beliau juga menjelaskan bahwa dalam psikologi ada yang disebut dengan multiple intelligence dan individual differences. Setiap individu punya jenis kecerdasan dan keunikannya masing-masing.

 

Oleh karena itu, Fakultas Psikologi UMM memberikan ruang terhadap hal tersebut, itulah prinsip psikologi. Pada dasarnya Fakultas Psikologi UMM siap menerima calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik dan non-akademik, baik itu seorang influencer, content creator,  seorang hafidz, olahragawan berprestasi, serta individu yang memiliki bakat di bidang seni dan budaya.

 

Meskipun demikian, untuk menjaga kualitas dari kebijakan jalur influencer, UMM tetap memberlakukan syarat yang ketat dan membentuk tim verifikasi. Hal-hal yang diverifikasi, mulai dari aspek followers/subscribers, serta konten yang kreatif, edukatif dan positif. Informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut dapat menghubungi UPT. Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Malang http://pmb.umm.ac.id/. (PR/Fapsi)

Shared: