Career Center: Sukses Memasuki Dunia Kerja

Sabtu, 17 Februari 2018 11:09 WIB

      Career Center merupakan fasilitator dalam pendampingan dan memberi informasi peluang pekerjaan kepada para lulusan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan pelatihan dengan tema “Pelatihan Sukses Memasuki Dunia Kerja” pada Sabtu, 17 Februari 2018 di Gedung Kuliah Bersama (GKB) IV lantai 4 yang bertujuan untuk memberikan bekal, wawasan dan informasi bagi calon wisudawan khususnya dan mahasiswa tingkat akhir pada umumnya terkait kiat-kiat atau cara sukses untuk memasuki dunia kerja. Selain itu, harapan dari kegiatan ini yaitu untuk mengurangi masa tunggu kerja sarjana Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

      Dalam acara ini, dihadiri oleh Ibu Diah Yuliastri (HRD PT.Indofood Sukses Makmur Tbk) dan Ibu Evira Febriani (Dosen PTS di Madura dan Direktur Elvira Consultant) sebagai narasumber. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Zainul Anwar selaku Wakil Dekan III Fakultas Psikologi.

      Menurut Ibu Diah Yuliastri, belajar dan prestasi secara akademis dirasa sangat kurang untuk bisa bersaing di dunia kerja. Kecerdasan secara intelegensi (IQ) dan kecerdasan secara emosional (EQ) memanglah penting, namun yang harus lebih diperhatikan yakni terkait kecerdasan dalam menghadapi segala kesulitan (AQ). Kecerdasan Adversitas adalah sebuah daya kecerdasan budi-akhlak-iman manusia menundukkan tantangan-tantangannya, menekuk kesulitan-kesulitannya, dan meringkus masalah-masalahnya sekaligus mengambil keuntungan dari kemenangan-kemenangan itu.

      Sejalan dengan Ibu Diah Yuliastri, Ibu Evira Febriani menambahkan bahwa lulusan Fakultas Psikologi tidak melulu hanya bekerja sebagai dosen ataupun konsultan di perusahaan. Namun, lulusan Fakultas Psikologi juga bisa menjadi seorang entrepreneur. Seorang entrepreneur harus memiliki kreativitas, mampu menciptakan trobosan, dan mampu berinovasi. Entrepreneur harus memiliki kemampuan (IQ dan skill), keberanian (EQ dan mental), keteguhan hati dan motivasi. Hal penting yang perlu diingat dalam merintis pekerjaan yaitu ketekunan, komitmen, keberanian, dan percaya bahwa memliki kemampuan yang mampu berasing di dunia kerja atau dunia kewirausahaan.

      Dengan diselenggarakan acara ini, Career Center terus berusaha meningkatkan kualitas lulusan Fakultas Psikologi dan akan terus berusaha mengadakan acara-acara serupa.

Shared: